H. Email hosting
Email hosting merupakan layanan alamat email khusus yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Email hosting sering digunakan oleh perusahaan besar untuk mengatur alamat email semua kariyawannya agar sama dan memudahkan dalam mengatur database.
Manfaat layanan email hosting sebagai berikut
1. Meningkatkan reputasi perusahaaan.
adanya email hosting akan membuat perusahaan terlihat propesional, baik itu dimata sesama pebisnis maupun konsumen .
2. Email menjadi lebih terarah.
Dengan menggunakan layana email melalui salah satu penyedia hosting murah, maka pastikan bahwa traffic email akan stabil dan cepat. Hal ini dikarenakan email yang dikirim atau diterima tidak tergabung dengan pengguna email lainnya di seluruh dunia, seakan server email milik sendiri.
3. Keamanan lebih terjaga
Perusahaan harus memiliki email dengan nama domain sendiri dan menggunakan hosting berkualitas yang terpercaya dalam menjaga keamanan data email perusahaan.
4. Kapasitas email yang lebih besar
Layanan email gratis seperti Yahoo! dan Gmail memiliki batas bandwidth, kapasitas email ataupun user dalam sebuah grup. Sementara, jika menggunakan email dengan nama domain sendiri., maka akan lebih leluasa dalam mengatur kapasitas penyimpanan email.
Untuk mengakses email pada control panel hosting terdapat dua jenis protokol yang bisa digunakan yaitu, POP3 dan IMAP, Perbedqaan antara kedua protokol tersebut, yaitu POP3 akan menarik semua file email yang ada di server ke komputer lokal, sehingga server nantinya akan kosong, sedqangkan IMAP akan mengambil data dari server secara remote, sehingga data di server tidak akan hilang.
Terdapat dua macam cara untuk mengakses email pada control panel hosting, yaitu menggunakan webmail atau mail client.
1. Webmail
Webmail adalah salah satu fasilitas pada web hosting yang digunakan untuk mengoperasikan akun email, seperti membaca, menerima, mengirimkan, dan menghapus email. Mengakses email menggunakan webmail artinya tidak memerlukan software mail client yang terinstal pada komputer karena menggunakan browser saja. Gambarannya adalah seperti mengakses email Yahoo atau Gmail. Data - data email seluruhnya akan tersimpan pada server web hosting sehingga tidak perlu khawatir kehilangan data apabila berganti-ganti komputer.
Webmail atau mail client.
a. Akun email yang harus diakses secara bersama-sama oleh beberapa orang.
Misalkan Anda memiliki alamt email kontak utama perusahaan dengan alamt info@ perusahaan. com dan terdapat beberapa orang yang bertugas menjawab email masuk. Pada situasi seperti itu, webmail cocok digunakan karena dapat diakses secara bersama-sama, dapat mengarsip semua email keluar dan masuk di satu tempat dan dapat menandai email mana yang sudah dibalas
b. Cocok untuk pengguna yang tidqak selalu menggunakan satu komputer yang sama untuk mengakses email atau pengguna yang sering berpergian tanpa membawa laptop atau komputer pribadi. Misalnya jika Anda di kantor menggunakan komputer kantor dan di rumah butuh mengakses email. Webmail cocok digunakan karena data email tersimpan di server sehingga tidak akan ada masalah apabila diakses dari mana pun.
Contoh software webmail sebagai berikut
a. Gmail c. SquirrelMail e. Horde
b. Hotmail d. Roundcube
2.Mail Client
Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima email melalui komputer tanpa browser. Dalam arti lain, mail client merupakan aplikasi dekstop yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Jadi, cukup dengan menjalankan software mail client secara otomatis email akan terunduh ke komputer . Ketika tidak terhubung dengan internet, email-email yang telah di unduh sebelumnya dapat dibaca.
Mengakses email menggunakan mail client berarti menarik seluruh data email yang masuk ke dalam software tersebut.Secara default, email yang sudah diunduh akan dihapus juga dari server. Oleh sebab itu, sebenarnya tidak diperlukan space yang besar pada pada akun hosting karena email akan kosong setelah software mail client mengunduhnya.
Selain untuk mengunduh email, mail client juga dapat digunakan untuk mengirimkan email.hal ini memberikan kemudahkan karena cukup dengan mengaktifkan software mail client, anda sudah dapat megirimkan dan menerima email tanpa email tanpa harus login ke webmail.
Untuk menggunakan sebuah email client, Anda dituntut untuk melakukan konfigurasi akun email. Beberapa informasi yang diminta umumnya adalah alamat email, password, alamat POP3 dan SMTP, hingga nomor port yang digunakan.
Mail client cocok digunakan untuk keperluan berikut.
a. pengguna yang selalu menggunakan komputer yang sama untuk mengakses email. Karena email yang masuk akan tersimpan di komputer/laptop Anda, tidak masalah menggunakan Outlook atau software mail client lain untuk menerima dan mengirim email.
b. Email yang sifatnya personal dimana orang lain tidak dapat mengakses email tersebut. Anda tidak berada pada situasi di mana email yang masuk juga bisa dibaca dan dibalas oleh tim kerja.
Contoh sofware email client sebagai berikut.
a. Outlook Express
b. Microsoft Outlook
c. Thunderbird
d. Apple mail
e. Windows mail
Komentar
Posting Komentar